Belajar Menulis Buku Tidak Mudah dan Solusinya

Kenapa belajar menulis buku tidak mudah? Ada yang bisa menjawab untuk solusi menulis buku? Nah, bila sudah menjawab maka saya akan bertanya, kenapa kalau menulis itu mudah tetapi banyak yang frustasi dalam menulis buku, tulisan selalu ditolak penerbit, menjual buku online lewat self publishing sulit laku, dan sebagainya. Itu artinya, menulis buku tidaklah mudah. Setuju?

Belajar menulis itu mudah bahkan sangat mudah bila sekedar menulis. Anda tidak perlu mikir tulisan Anda berkualitas atau tidak, salah atau tidak. Yang penting enjoy dalam menulis. Saya sendiri menulis dengan enjoy saat menulis artikel di dalam buku online ini. Namun, apakah tulisan buku yang saya tulis bisa diterima oleh pihak lain? Bisa jadi dikatakan belum dan sangat belum layak dianggap tulisan yang bagus.

Ada pihak luar yang membuat Anda sulit, tidak mudah untuk menulis buku. Bila Anda menyadari hal ini, maka akan berkata, “Benar juga ya? Menulis buku itu tidak mudah”. Bahkan pihak luar yang menghambat kemudahan Anda menulis buku bukan hanya pihak yang masuk dalam dunia tulisan saja tetapi pihak lain seperti pertemanan, keluarga, dan lembaga/perusahaan yang membuat Anda tidak punya waktu untuk menulis dengan maksimal.

Ada sebuah logika biar Anda setuju dengan hal ini. Anda  setuju bila solat atau pergi ke gereja itu mudah? Mudah kalau diukur secara logika tetapi kenapa banyak yang tidak melakukannya secara konsisten? Nah, masalah emosional yang membuat solat atau ibadah mudah lainnya terasa sulit dijalankan. Masalah emosional yang terganggu oleh pihak luar yang membuat perkara mudah menjadi sulit. Begitu juga menulis buku.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips mudah solusi belajar menulis untuk buku agar bisa sebagai pewaran kesulitan Anda dalam menulis buku.

Berikut Adalah Solusi Belajar Menulis Untuk Buku Agar Mudah dalam Menulis

1.    Memiliki Semangat Finansial Dalam Menulis Buku

Matre sedikit tidak apa-apa, menulis dengan niat mencari keuangan tidak masalah. Niat kita memang berbagi ilmu lewat buku. Namun niat kita dikembangkan lagi menjadi berbagai macam seperti berbagi ilmu agar mendapat pahala, berbagi ilmu agar mendapat pengakuan, berbagi ilmu agara mendapat keuangan. Itulah inti.

Namun yang ditekankan di sini agar semua pembaca blog setuju adalah memiliki semangat Finansial dalam menulis buku. Karena kalau tidak memiliki semangat ini, wah, kurang seru. Anggap saja menulis buku adalah perlombaan menulis. Sehingga perlu ada semangat dalam berlomba yang tujuannya mendapat hadiah.

Karena memiliki semangat finansial dalam menulis buku maka akan mau berjalan mengikuti permintaan pasar. Walau mengikuti permintaan pasar namun tidak juga sampai meninggalkan tentang diri kita dalam menulis buku.

2.    Latihan Menulis Setiap Saat Dengan Teknik ATM Dengan Mencontek Buku Tekenal

Amati+Tiru+Modivikasi = Rewrite. Menulis buku dengan teknik ATM alias rewrite sudah teruji kualitasnya. Sebenarnya ini sebuah trik pemaksaan mengikuti gaya, kemampuan dan pengetahuan orang lain. Memang bila masih pemula yang kesulitan dalam menulis, jalan terbaik adalah memakai teknik ATM.

Saran terbaik adalah gunakan teknik ATM pada buku yang dianggap berkualitas. Orang-orang terbaik belajar dari orang yang terbaik. Selalu begitu.

Namun, jangan dikirim untuk penerbit. Jadikan buku hasil rewrite sebagai bonus atau sekedar pembelajaran menulis buku.

3.    Tingkatkan Skill Dan Pengetahuan

Tidak ada cara yang lain kecuali meningkatkan skill dan pengetahuan bila ingin menghasilkan buku yang berkualitas. Namun dalam membangun skill dan pengetahuan harus sesuai dengan buku yang akan ditulis. Atau lebih tepatnya buku yang akan ditulis harus menyesuaikan diri dengan skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Sepandai-pandainya tupai meloncat, pasti terjatuh juga. Sepandai-pandainya Anda merangkai tulisan, namun tidak akan berkualitas bila tanpa skill dan pengetahuan.

Tiga tips menulis buku di atas cukup kiranya membantu memudahkan Anda menulis buku. Karena 3 tips di atas bila dilakukan akan menghasilkan  peningkatan walau sekitar 20. Lebih baik meningkat hanya 20 daripada tetap nol kan? Walau ada gangguan dari dalam dan luar, anda tetap mudah menulis. Silahkan mencoba untuk memudahkan menulis buku.

Baca: Belajar Menulis Puisi

0 Response to "Belajar Menulis Buku Tidak Mudah dan Solusinya"

wdcfawqafwef